Rabu, 15 Mei 2013

Hama Bagi Ulat Hongkong

Sallam... selamat datang dan selamat membaca.

Kali ini saya akan membahas tentang hama yang sangat berbahaya bagi ulat hongkong khususnya, salah satu hama tersebut adalah gurem, jenis hama ini nyaris tidak terlihat oleh mata kita karna bentuknya sangat kecil. Gurem banyak terdapat pada dedak padi, karna itu saya menganjurkan agar tidak memilih dedak padi sebagai pakan ulat hongkong maupun sebagai media bertelur kepik.



Populasi gurem sangat cepat berkembang, dalam satu minggu saja 1 box ulat dapat di penuhi oleh gurem tersebut. Gurem dapat memakan telur kepik dan menggerogoti tubuh ulat hongkong, al hasil kita akan di buatnya prustasi. Saat awal memulai ternak, saya menggunakan dedak sebagai pakan ulat dan media bertelur kepik, pada awalnya saya tidak melihat karna mungkin jumlah guremnya masih sedikit, tapi setelah 1 sampai 2 minggu saya sangat kaget dan geli melihat gurem memenuhi box yang berisi telur dari kepik, sudah bisa di pastikan semua telur gagal menetas karna mungkin sudah habis di makan gurem tersebut. Sungguh pengalaman yang sangat berharga, walaupun kerugian waktu dan uang cukup terasa, untuk itu jangan sampai anda mengalami hal yang sama, cukup saya saja yang mengalami.

Selama ternak ulat hongkong, saya menempatkan gurem sebagai hama paling berbahaya dari pada tikus, cicak, semut dan serangga lain-nya. Adapun cara-cara pencegahan agar hama tidak mengganggu ternak ulat hongkong akan saya posting di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung.

Sallam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar