Kamis, 16 Mei 2013

Pencegahan Terhadap Hama

Sallam... selamat datang dan selamat membaca.

" Mencegah lebih baik dari pada mengobati ", itulah kalimat bijak yang sudah sering kita dengar, tapi pada kenyataan-nya kita lebih sering mengobati dari pada melakukan pencegahan. Ulat hongkong termasuk jenis hewan keluarga larva atau ulat yang sangat sensitif akan lingkungan atau tempat dia hidup, untuk itu para peternak ulat hongkong harus lebih sigap dalam melakukan perawatan. Berikut ini cara pencegahan terhadap semua jenis hama yang dapat menggangu populasi ulat hongokong :


  • masukan kaki rak pada wadah plastik atau kaleng yang sudah diberi oli bekas, cara ini dapat mencegah hama semut dan serangga lain-nya merayap naik kedalam rak dan box ulat.
  • beri kawat nyamuk pada setiap pentilasi udara, cara ini untuk mencegah hama cicak, tikus dan serangga dari luar agar tidak bisa masuk kearea ternak.
  • periksa langit-langit dan dinding, apakah ada celah untuk binatang lain masuk kearea ternak, jika ada segera lakukan penambalan dengan semen atau kompon.
  • cek setiap anda membeli pakan perkarung atau perkilo, apakah pakan yang anda beli bersih dari hama serangga.
  • ganti media hidup ulat hongkong yang lama dengan yang baru jika sudah 30 hari ( media hidup ulat hongkong adalah pakan dan kotoran-nya yang terdapat dalam box ).
Itulah beberapa cara pencegahan hama untuk ulat hongkong, semoga tulisan saya bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung.

Sallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar